//Program TK

Melatih motorik kasar dan motorik halus

Melatih kemampuan motorik kasar dan motorik halus anak-anak usia dini sangat penting bagi tumbuh kembangnya di masa yang akan datang. Kemampuan motorik anak yang berkembang dengan baik menandakan sinkronisasi yang baik pula antara otak dan pergerakan tubuh anak. Beberapa aktivitas yang dilakukan di sekolah untuk melatih kemampuan motorik kasar adalah: peregangan di pagi hari selama 10 menit sebelum memulai pembelajaran; senam irama bersama Pembina SASS setiap hari Selasa, melakukan berbagai aktivitas outbound sepekan sekali; bermain di area playground sekolah saat free play, dll. Sementara itu, beberapa aktivitas yang yang dilakukan di sekolah untuk melatih kemampuan motorik halus siswa adalah melalui berbagai kegiatan pembelajaran kelas yang sangat menarik, diantaranya menggunting berbagai pola, meremas-remas kertas, merobek-robek kertas, melukis dengan jari, menuang, dll

Membangun kemandirian

Mengajarkan kemandirian pada anak perlu dilakukan sejak usia dini. Sebab kemandirian berkaitan erat dengan karakter dan sikap anak di masa yang akan datang. Perilaku mandiri adalah sikap anak yang dalam melakukan dan memutuskan sesuatu tidak bergantung dengan sekitarnya. Kemandirian anak ditandai dengan adanya kemampuan untuk melakukan aktivitas sederhana seharihari. Perilaku mandiri juga membangun rasa tanggung jawab yang tinggi dalam diri anak. Melatih kemandirian memang tidak mudah dan perlu proses hingga anak-anak terbiasa untuk melakukannya. Tugas-tugas sederhana yang secara konsisten diberikan kepada anak efektif untuk melatih kemandirian.

Di Sekolahalam Depok, anak-anak dilatih kemandiriannya dengan cara menyelesaikan tugastugas sederhana seperti membersihkan kelas setiap pagi sebelum melakukan aktivitas pembelajaran dan setiap usai melakukan pembelajaran, menjadi petugas kelas, merapikan kembali mainan yang sudah dimainkan, mengikuti kegiatan pra camping (camping di area sekolah), dll.

Belajar bersosialisasi

Sosialisasi dalam kehidupan anak sangatlah penting. Karena mereka adalah makhluk sosial, makhluk yang tidak bisa hidup sendirian. Manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain, sangat membutuhkan teman, dan membutuhkan komunikasi dan interaksi dengan orang lain. Terutama anak-anak. Sosialisasi juga berguna untuk mengembangkan potensinya, sehingga bisa menjadi pribadi yang peduli, empati pada orang-orang di sekitarnya. Sosialisasi juga bisa digunakan untuk sarana belajar bagaimana menyesuaikan diri dengan orang lain dan juga menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Di Sekolahalam Depok anak-anak tentunya belajar bersosialisasi dengan permainan-permainan yang seru, beraktivitas dengan teman-teman dan fasilitator kelas, dan belajar dalam kelompok. Di beberapa momen, anak-anak bersosialisasi dengan kakak kelasnya saat melakukan apel, upacara, class conference dan market day.

Membangun rutinitas

rutinitas menjadi bagian yang penting dari kehidupan sehari-hari. Bagi anak, rutinitas yang paling dasar berhubungan dengan aktivitas yang akan mendukung perkembangan fisik dan pertumbuhan mereka, seperti makan, tidur, dan toilet training. Rutinitas pun dapat berkaitan dengan kegiatan untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan sosial anak, seperti rutinitas bermain dan membaca buku bersama. Rutinitas biasanya melibatkan serangkaian tingkah laku yang berurutan. Misalnya saja, rutinitas seorang anak di pagi hari saat tiba di sekolah adalah mengucapkan salam, salim pada guru, lalu meletakkan tas di loker.

Rutinitas membantu anak memperoleh self-assurance, merasa lebih yakin akan diri mereka sendiri. Bila anak sudah terbiasa mengikuti rutinitas, mereka akan lebih memahami dan yakin dalam melakukan aktivitas yang terstruktur atau berurutan. Adanya rutinitas yang konstan dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada anak-anak. Anak mengetahui dengan pasti apa yang akan terjadi pada mereka, hal ini memberikan rasa aman dan emosi yang stabil. Anak-anak juga akan belajar untuk mempercayai orang dewasa di sekitar mereka. Ketika mereka merasa aman, memiliki emosi yang stabil, dan dapat mempercayai orang lain, mereka akan lebih mampu mengontrol diri.

Rutinitas yang dilakukan siswa-siswi TK Sekolahalam Depok adalah peregangan pagi, berdo’a sebelum belajar, melakukan morning talk, tahsin-tahfidz, sholat dhuha, snack time, free play, kegiatan kelas, lalu aktivitas belajar ditutup dengan do’a. merapikan kembali mainan yang dimainkan, dan mencuci alat makan usai melakukan aktivitas makan bersama.

2018-04-26T08:14:04+00:00