//[ PRESS RELEASE SELARAS ]

[ PRESS RELEASE SELARAS ]

Di masa pandemi ini, dunia pendidikan mengalami perubahan besar. Learning From Home (LFH) menjadi jalan yang dipakai agar pendidikan tetap berlangsung maksimal meski tidak dilakukan di sekolah. Peran orang tua mendampingi anak belajar saat kegiatan LFH ini menjadi satu hal yang penting. Sekolah Alam Depok (SADe) mengadakan program Sekolah Orang Tua SADe (SELARAS) melalui zoom webinar untuk menyamakan gelombang antara sekolah dan orangtua.
Saat ini SELARAS sudah diselenggarakan sampai seri ke-3. Ketiga sesi pertama ini merupakan konsep dasar untuk merancang bersama pendidikan terbaik bagi siswa. Dilakukan sepekan sekali selama 3 jam, dengan mendatangkan narasumber yang mampu memberikan pemahaman terbaik bagi orangtua.
Sesi SELARAS#1 tanggal 21 Juni 2020 bertema “Peran Komunitas Sekolah dalam Membangun Peradaban”. Narasumber yang dihadirkan adalah Bang Lendo Novo (konseptor Sekolah Alam) dan Ustad Harry Santosa (Pakar Pendidikan berbasis Fitrah).
Sesi SELARAS#2 tanggal 28 Juni 2020 bertajuk “Mempersiapkan Generasi Berakhlak Mulia dan Berkarakter Tangguh dari Rumah” dengan pembicara Ustad Dr. Adian Husaini. Orangtua diajak menentukan karakter yang ingin dimiliki oleh anaknya, juga memilih mana yang termasuk fardhu ‘ain dan mana yang termasuk fardhu kifayah dalam pelaksanaannya.
Sesi SELARAS#3 tanggal 4 Juli 2020 mengambil tema “Teladan dari Finlandia: Seni Berkomunikasi yang mendorong Anak Senang Belajar, dari Prinsip Sampai ke Penerapan”. Di seri ketiga ini, SADe mengundang Ibu Desiree Luhulima, guru berpengalaman di Finlandia yang mengajarkan bahasa Indonesia tingkat SD- SMP.
Ibu Desiree bercerita bahwa pendidikan di Finlandia memandang setiap anak itu memiliki keunikan, untuk itu kita tak boleh membandingkan setiap anak dengan yang lain. Anak tidak ditempatkan untuk berkompetisi. Keunikan setiap anak ini justru dipelihara dan dibangun sedemikian rupa sehingga ke depannya anak-anak bisa saling membantu di dalam suatu komunitas.
Ibu Desiree juga memberikan tips berkomunikasi yang membuat anak nyaman untuk belajar. Mainkan intonasi, hindari kata “harus/pokoknya”, gunakan kata kerja, dll. Kuatkan mental anak dengan kata-kata positif, bangun kesadaran anak dan cek (siapa bisa apa) anggota keluarga di rumah yang bisa dilibatkan dalam pembelajaran.
Pemaparan Ibu Desiree yang penuh semangat dan aplikatif membuat 300 peserta (orangtua maupun peserta umum yang mengikuti dari Surabaya, Samarinda, Pekanbaru, dll) sangat antusias. Semoga pengetahuan yang didapat di sesi ini dapat menjadi bekal menuju pendidikan yang lebih baik. Setidaknya dimulai dari setiap rumah masing-masing.
Bagi yang belum sempat belajar bersama SELARAS, masih ada kesempatan di 8 sesi tersisa. Ikuti infonya
2020-07-21T03:59:36+00:00

New Courses

Contact Info

Jl Bungasan No.80 Sawangan Depok

Phone: 081906058412

Mobile: 081905252073

Web: sekolah alam depok

Recent Posts