//-MENDUR BERSAUDARA, FOTOGRAFER KEMERDEKAAN-
-MENDUR BERSAUDARA, FOTOGRAFER KEMERDEKAAN-
Assalamualaikum, teman-teman siapa yang sudah pernah melihat foto pembacaan proklamasi oleh Bapak Presiden Soekarno? Bersyukurlah teman-teman saat ini kita masih bisa melihat foto tersebut berkat jasa salah satu fotografer yang bernama Frans Mendur yang saat itu bersama kakaknya, Alex Mendur, berhasil lolos dari pengawasan Jepang dan masuk ke rumah Bapak Soekarno.
Setelah prosesi proklamasi selesai Mendur bersaudara segera meninggalkan rumah Bapak Soekarno, akan tetapi tentara Jepang mengejar keduanya. Alex Mendur tertangkap dan menyita setra memusnahkan foto yang baru diambilnya
Sementara Frans Mendur berhasil melarikan diri dari kejaran tentara Jepang, Ia pun mengubur negatif foto kemerdekaan tersebut di halaman kantor harian Asia Raja.
Tak lama Frans didatangi oleh tentara Jepang tapi Ia mengatakan bahwa negatif film dari foto kemerdekan tersebut sudah diberikan kepada Barisan Pelopor. Mendengar hal tersebut marahlah Jepang, namun Jepang tidak bisa melakukan apa-apa.
Meski negatif foto selamat, perjuangan mencuci dan mencetak foto itu pun tak mudah. Mendur bersaudara harus diam-diam menyelinap di malam hari, memanjat pohon dan melompati pagar di samping kantor Domei, yang sekarang kantor Antara. Resiko bagi Frans Mendur dan saudaranya adalah dipenjara bahkan hukuman mati jika tertangkap oleh tentara Jepang.
Foto bersejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia karya Frans Mendur tersebut baru bisa dipublikasikan pertama kali pada 20 Februari 1946 di halaman muka Harian Merdeka hingga sekarang bisa terus kita lihat dan nikmati.
Kira-kira apakah kalian berani jika berada di masa tersebut, dihadang oleh tentara Jepang?
Keterangan Foto :
Kanan : Alex Mendur
Kiri : Frans Mendur
2020-08-18T07:27:49+00:00

New Courses

Contact Info

Jl Bungasan No.80 Sawangan Depok

Phone: 081906058412

Mobile: 081905252073

Web: sekolah alam depok

Recent Posts