//In memoriam: Alm. Lendo Novo

In memoriam: Alm. Lendo Novo

Pada sekitaran tahun 2007 atau 2008 tepatnya saat ada sebuah event pameran yang bertempat di Kampus ITB Bandung, saya (Abah Rama) bersyukur mendapat tawaran menempati sebuah booth dengan membuka stand Talents Mapping (TM). Saat itu Sdr. Lendo Novo (kemudian dikenal dengan sebutan akrab Bang Lendo) bersama dengan rekan-rekannya datang berkunjung ke stand Talents Mapping, bahkan menyempatkan diri mengikuti asesmen Talents Mapping dan kemudian meminta dibacakan hasil asesmennya oleh saya.

Sesaat saya melihat hasil asesmennya, terucap kalimat: “Wah, ini mah orang gila!!”.

Terbersit dalam benak saya bahwa berdasarkan penelitian saya, mereka yang memiliki indikator hasil berwarna merah, seperti hasil asesmennya Bang Lendo, berada di luar kurva normal yakni dengan simpangan sekitar 2,5% di atas dan 2,5% di bawah normal. Sekarang ini saya menerjemahkannya dengan menggunakan istilah yang lebih soft (lunak) yakni Extra Ordinary People. Perlu diketahui bahwa sebelum bertemu Bang Lendo, mereka yang masuk kategori ini biasanya saya sarankan untuk tidak diterima dalam proses rekrutmen atau seleksi. Kenapa demikian? Karena sering kali saya menghadapi mereka yang masuk kelompok semacam ini, selain susah diatur mereka juga memiliki standard menilai diri yang berbeda atau tidak biasa.

Setelah mendengar ucapan saya, Bang Lendo langsung tertawa terbahak-bahak sambil berkata:
Bang Lendo : “Bener pak!”
“Saya sudah empat kali di tes oleh 4 professor hasilnya disimpulkan sebagai Psikopat (dengan test MMPI) dan di antara 4 profesor itu ada satu yang memberikan predikat paling lunak yakni tend to crime.
“Terus menurut Abah , saya ini siapa?”
Abah Rama : “Social Entrepreneur”.
Bang Lendo : “Wuuah ini alat kereen banget ya” (sambal tertawa).
Setelah mengetahui rekam jejak Bang Lendo, sejak saat itu saya menyadari bahwa dari mereka yang masuk kelompok Extra Ordinary People ini ada sekitar 20%-nya yang bener-benar hebat dan sisanya saya anggap kurang jelas. Bila mengamati kinerja Bang Lendo, kiprahnya, dan hal-hal yang telah digagas dan dibuat olehnya, sudah barang tentu beliau termasuk dalam bagian yang 20% ini.

Beberapa waktu setelah pertemuan itu, Bang Lendo mengundang saya untuk memberikan paparan tentang Talents Mapping di sekolahnya yang berlokasi di bilangan Parung yaitu School of Universe (SoU). Sejak itu SOU kemudian menggunakan Talents Mapping dalam program pengembangan sekolah dan pembinaan siswa-siswanya. Bahkan berkat referensi beliau, hampir seluruh sekolah alam yang termasuk dalam Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN) menggunakan Talents Mapping sebagai salah satu asesmen untuk memetakan potensi siswa dan juga pihak pengajar dan sekolah.

Nama Lendo Novo selalu saya sebut setiap bercerita tentang sejarah Talents Mapping karena Bang Lendo telah menjadi salah seorang yang turut berperan dalam pengembangan dan penerapan konsep Talents Mapping secara langsung dan praktis. Dari Bang Lendo saya banyak belajar, dan dari beliau juga Talents Mapping dapat berkembang dengan cepat terutama di sektor Pendidikan di Indonesia. Semoga perjuangannya membangun sekolah alam di Indonesia bisa dilanjutkan oleh penerusnya dengan sebaik-baiknya. Semoga bisa menjadi amal jariah beliau yang terus mengalir pahalanya.

Selamat jalan Bang Lendo, semoga amal ibadahmu diterima Allah SWT dan mendapat tempat terbaik di sisi-Nya….aamiin ya robbal aalamiin.

Abah Rama Royani

2021-08-23T03:17:43+00:00

New Courses

Contact Info

Jl Bungasan No.80 Sawangan Depok

Phone: 081906058412

Mobile: 081905252073

Web: sekolah alam depok

Pos-pos Terbaru