//Fieldtrip Bandung SD4

Siswa-siswi sd 4 Muhammad al Fatih dan Khalid bin Walid fieldtrip ke Bandung pada tanggal 7-8 November 2018, untuk mempelajari beragam hal. Budaya, kenampakan alam, sejarah, dan lain sebagainya. Pagi tadi pkl.01.45 briefing dilakukan sesaat sebelum keberangkatan.

Istirahat sejenak untuk menghantarkan do’a pada Sang penguasa langit dan bumi. Mohon ampun atas segala dosa, sembari berbisik padaNya agar perjalanan selama 2 hari 1 malam ini aman, selamat, dan penuh manfaat dan keberkahan.

Usai sholat, dilanjutkan dengan dzikit dan murojaah hapalan surat.

Pkl. 05.06 perjalanan kembali dilanjutkan

Saatnya belajar mengenai kebudayaan sunda di Saung Angklung Udjo. Mengetahui sejarah perkembagan alat musik angklung, cara mambuat angklung, dan cara mamainkan angklung.

Tidak hanya itu saja. Anak-anak juga akan menonton pertunjukan tari topeng, tradisi perayaan sunatan di masyarakat sunda dan mengetahui beragam jenis kerajinan tangannya.

Seru ya? ?? Hands On activity memang strategi belajar yang mengasyikkan dan membantu siswa memiliki pengalaman bermakna yang akan tersimpan di long term memory mereka

 

Hari kedua

Hari kedua di Bandung, SD4 melanjutkan eksplorasi bandung. Agenda hari kedua adalah trekking Taman Hutan Raya Ir. Djuanda, dilanjut bermain di komunitas Hong.

Streaching adalah kegiatan yang merupakan standar prosedur sebelum aktivitas outdoor. Trekking SD 4 di Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda, Bandung untuk mempelajari kenampakan alam, sejarah perjuangan bangsa, dan budaya.

 

 

 

Membaca peta adalah salah satu keterampilan penting yang perlu dikuasai sisw saat melakukan perjalanan. Oleh sebab itu, di awal perjalanan trekking di Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda anak-anak mengamati peta perjalanan mereka terlebih dahulu.

 

 

 

 

Buka mata, buka telinga. Aktifkan semua indera untuk menyerap segala kebaikan dan kearifan alam, memahami      perjalanan sejarah. Teman-teman SD4 mengamati kenampakan terutama patahan lembang, aliran sungai cikapundung serta tanaman-tanaman khas yang ada di taman hutan raya. Diujung perjalanan SD4 mengeksplorasi sejarah tentang gua jepang dan gua belanda.

 

 

Lelah melintasi taman hutan raya, temen-teman SD4 mengeksplorasi budaya sunda sambil bermain. Mainn… main… dan main. Memang pekerjaan utama mereka adalah bermain. Kebutuhan perkembangan mereka pun adalah bermain. Dan mereka melakukannya dengan profesional.

Serunyaaa ??????. Mereka bermain dimana sih? Di komunitas Hong, di Bandung. Tempat yang keren banget untuk mempelajari permainan tradisional. Belum pernah main kesini?
Yuk main yuk

 

2018-11-12T04:29:17+00:00

New Courses

Contact Info

Jl Bungasan No.80 Sawangan Depok

Phone: 08111668781

Mobile: 081905252073

Web: sekolah alam depok

Recent Posts