/Leadership
Leadership2020-11-24T04:13:58+00:00

Anak merupakan pribadi yang unik. Berbagai karakter tumbuh dalam dirinya. Karakter-karakter tersebut akan terus menguat seiring dengan pengembangan diri yang dilakukan di sekolah tempat mereka belajar. Sekolah alam, sebagai salah satu sekolah yang fokus dalam pengembangan karakter dan bakat anak, tentunya memiliki berbagai strategi untuk menumbuhkan dan mendampingi hal tersebut. Karakter penting yang perlu menjadi perhatian dalam diri anak yaitu kepemimpinan, dikarenakan kepemimpinan adalah sebuah keniscayaan yang dipercayakan Allah SWT kepada manusia. Kepemimpinan dalam diri anak perlu dilatih, yang tidak cukup dilakukan di lingkungan internal sekolah tetapi membutuhkan sarana yang lebih luas agar karakter kepemimpinan semakin terasah.

Melihat akan kebutuhan tersebut, jaringan sekolah alam yang berada di wilayah Jabodetabek mengagendakan sebuah kegiatan yang diberi nama “Jambore Nasional Sekolah Alam Student Scout”. Kegiatan ini merupakan sarana pengembangan kepemimpinan, wawasan lingkungan, kemampuan dan juga ajang silaturahim bagi seluruh siswa-siswi sekolah alam dari berbagai wilayah di Indonesia. Dalam kegiatan ini, mereka bisa berbagi wawasan satu sama lain, belajar untuk peduli, berkompetisi, dan meningkatkan karakter kepemimpinan serta kekompakan tim.

SADE’s CAMP

Fokus pendidikan yang diterapkan di Sekolah Alam Depok adalah membentuk generasi tangguh berakhlak mulia. Salah satu sarana yang dilakukan untuk membentuk karakater dan kepemimpinan tersebut adalah melalui kegiatan alam terbuka dalam bentuk perkemahan/OTFA (Out Trekking Fun Adventure) atau yang diberi nama SADe’s Camp.

Kegiatan ini dilaksanakan di lokasi yang jauh dari keramaian kota. Biasanya dipilih lokasi di beberapa kaki gunung yang masuk dalam kawasan taman nasional. Kegiatan ini berlangsung selama 2 malam 1 hari untuk siswa-siswi kelas 1-3 dan 3 malam 2 hari untuk siswa-siswi kelas 4-6. Dalam kegiatan ini siswa akan dibagi menjadi beberapa regu kecil (6-8 orang per kelompok) dengan dipandu oleh 1 orang fasilitator sebagai PAR (Pendamping Anggota Regu).

Selain melatih kemandirian siswa, kegiatan ini juga bertujuan sebagai implementasi penanaman nilai-nilai akhlak, keberanian, dan kepemimpinan pada siswa.

Seluruh kegiatan dikemas dengan menarik dan menyenangkan tanpa melupakan aspek ruhiyah dan jasadiyah. Mulai dari mendirikan tenda, upacara, trekking jelajah area perkemahan, junggle cooking, navigasi, api unggun, outbound, fun games, jelajah malam, bivak, mentoring Islamika dan lain sebagainya. Kegiatan ini merupakan kegiatan favorit dan selalu dinanti-nanti oleh siswa di Sekolah Alam Depok.

EKSPEDISI TAMAN NASIONAL UJUNG KULON (TNUK)

Alam dengan segala kehebatannya merupakan sumber inspirasi yang tidak pernah kering. Alam sebagai sumber kehidupan, maka menghormati dan melestarikan alam mutlak dilakukan dan dikenalkan pada anak-anak sejak dini. SADe menyadari pentingnya tanggung jawab ini dan perlunya melakukan kerjasama dengan berbagai pihak demi tercapainya dunia yang lebih berkualitas.

Salah satu program yang mengintegrasikan semua subjek pembelajaran dengan tujuan membangun karakter, sekaligus mengenal dan memahami pemanfaatan, dan pelestarian lingkungan hidup, maka SADe melakukan kegiatan fieldtrip ke lokasi konservasi. Sepanjang tahun, pada semua tingkat pendidikan baik TK hingga SD, SADe menyelenggarakan 30 fieldtrip minor, 3 fieldtrip mayor, serta 2 special event lingkungan hidup. Puncak program fieldtrip SADe adalah ekspedisi Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) yang merupakan “the great way” bagi siswa untuk lebih memahami makna konservasi lingkungan hidup lewat pengalaman yang sangat bernilai dan bermakna. Disebabkan posisinya sebagai kawasan konservasi dengan prioritas tinggi di dunia, yang menyajikan contoh pengetahuan mengenai evolusi, kolonisasi, dan suksesi dari kepulauan dan dataran rendah Pulau Jawa terbaik, tersisa dan terluas. Kawasan konservasi ini juga sebagai habitat badak jawa yang masuk dalam kategori terancam punah.

LONGMARCH

Kegiatan ini diperuntukan bagi siswa level kelas 6 di Sekolah Alam depok. Sebagaimana kegiatan alam terbuka pada level-level sebelumnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih dan menerapkan jiwa kepimimpinan, keberanian, kemandirian, kerjasama dan penanaman nilai-nilai keislaman. Selain itu, manajemen perjalanan dan kebersamaan seluruh anggota kelas juga merupakan fokus yang ingin dicapai dalam kegiatan ini. Dalam kegiatan ini, siswa secara langsung terlibat dalam proses perencanaan, persiapan hingga pelaksanaan. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok kecil (5-6 orang) dengan 1 orang fasilitator sebagai PAR (Pendamping Angota Regu). Kegiatan ini dilaksanakan di area Taman Nasional Gunung Gede Halimun Salak (TNGHS) dengan durasi waktu 3 hari 2 malam (1 malam persiapan/pemberangkatan di sekolah). Bentuk kegiatan ini adalah siswa melakukan perjalanan (trekking) yang bermula dari pintu pendakian Cidahu-Sukabumi. Kemudian bermalam di kisaran helipad dengan menggunakan bivak. Selama bermalam, siswa memasak perbekalan, melaksanakan tafakur alam, dan aktivitas lainnya. Pada keesokan paginya siswa melanjutkan perjalanan menuju Kawah Ratu dan turun melalui pintu Pasir Reungit, Gunung Bunder Bogor. Kegiatan long march ini merupakan penutup kegiatan siswa-siswi level SD di Sekolah Alam Depok, sebelum mereka mengepakkan sayapnya menjelajah ke 8 penjuru arah mata angin nantinya.

New Courses

Contact Info

Jl Bungasan No.80 Sawangan Depok

Phone: 081906058412

Mobile: 081905252073

Web: sekolah alam depok

Recent Posts