/Logika Sains
Logika Sains2020-11-24T06:01:31+00:00

BOOKWEEK

Membaca merupakan salah satu fungsi yang paling penting dalam hidup. Semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca . Dengan kemampuan membaca yang membudaya dalam diri setiap anak, maka tingkat keberhasilan di sekolah maupun dalam kehidupan di masyarakat akan membuka peluang kesuksesan hidup yang lebih baik. Membaca merupakan dasar bagi perolehan pengetahuan, keterampilan, dan pembentukan sikap
yang harus dimiliki setiap anak. Oleh karena itu, dengan bookweek yang rutin dilakukan setiap tahun diharapkan dapat menjadi alternatif untuk menumbuhkembangkan budi pekerti anak melalui pembiasaan budaya literasi sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Buku dan literasi memainkan peran penting dalam perkembangan anak. Kemampuan berliterasi berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Anak-anak yang tumbuh dengan pemahaman yang kuat tentang literasi dan numerasi akan memiliki imajinasi yang jelas. Pekan Buku Anak-Anak adalah waktu yang tepat untuk mendiskusikan buku dan mendorong anak-anak untuk membaca lebih banyak.

SCIENCE FAIR

Science Fair adalah pameran beragam hasil karya pembelajaran sains siswa-siswi Sekolah Alam Depok. Science Fair ini diselenggarakan sebagai sarana show up TUP (Tugas Unjuk Pemahaman) setiap kelas dan juga sebagai apresiasi kepada siswa dan fasilitator. Mengapa penting ditampilkan
pada khalayak umum? Karena, di momen ini, siswa-siswi memiliki kesempatan untuk menjelaskan segala hal yang telah mereka pelajari. Menjelaskan tujuan pembelajarannya, menjelaskan project apa yang mereka buat, menjelaskan cara membuatnya, dan tak lupa menjelaskan apa saja kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi selama menyelesaikan project. belajar berinteraksi dengan pengunjung akan mengasah kemampuan komunikasi mereka. Yang masih malu untuk berbicara di depan umum, yang masih bingung merangkai kalimat untuk menjelaskan projectnya, yang masih takut untuk berbicara dengan orang lain yang belum dikenal, semuanya diasah dan dilatih di momen spesial ini. Tentunya setiap kelas telah mempersiapkan performa terbaiknya dalam kegiatan Science Fair ini. Persiapan dilakukan dimulai dengan membentuk kelompok hingga membuat dan menyelesaikan project science mereka.

TRADITIONAL FESTIVAL

Indonesia adalah bangsa yang kaya akan budayanya yang beragam dari berbagai daerah. Budaya yang beragam inilah yang menjadikan Indonesia unik dan memiliki daya tarik bagi orang-orang di luar Indonesia. Budaya juga merupakan bagian dari identitas suatu bangsa. Oleh karena itu, bila ingin budaya di Indonesia tetap terjaga, pengetahuan tentang budaya harus diwariskan kepada generesi penerus bangsa. Kesadaran untuk menjaga kekayaan budaya harus dipupuk sejak usia dini. Mulai dari mengetahui budaya dari suatu daerah, memaknai filosofi yang mendasari kehidupan di daerah tersebut dan mengambil hal positif dari semua informasi yang ada.

Traditional Festival merupakan cara SADe untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada siswasiswi. SADe menggelar Traditional Festival dengan tema yang berbeda setiap tahunnya agar siswasiswi paham bahwa budaya Indonesia amat beragam. Acara ini juga menjadi wadah siswa-siswi mengerahkan kreativitasnya melalui berbagai penampilan. Melalui Traditional Festival ini diharapkan siswa-siswi SADe memiliki rasa keterikatan yang kuat untuk menjaga budaya yang menjadi kekayaan Indonesia.

EARTHDAY

Hari Bumi yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 22 April ini, bagi Sekolah Alam Depok bukan hanya suatu momentum peringatan untuk menjaga bumi, melainkan juga sebagai hari jadi berdirinya SADe. Momen ini menjadi titik refleksi bagi SADe tentang peranannya dalam menjaga bumi, khususnya lingkungan sekolah dan sekitar. SADe memiliki tagline “From Nature with Culture for Future” sebagai pengingat bahwa seluruh warga SADe menjalani kehiudpan yang berbudaya bersama alam untuk keberlangsungan hidup di masa depan. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang menjadi fokus utama dalam perayaan Hari Bumi di SADe, yaitu penyadaran akan kecintaan menjaga lingkungan dari sampah, bercocok tanam untuk ketahanan pangan, dan menumbuhkan kepedulian menyayangi hewan dan tumbuhan. Melalui acara Hari Bumi yang hanya dirayakan satu tahun sekali ini, semoga bisa menjadi momen awal yang dapat menyadarkan setiap individu khususnya dan SADe pada umumnya untuk bisa selaras dengan alam.

New Courses

Contact Info

Jl Bungasan No.80 Sawangan Depok

Phone: 081906058412

Mobile: 081905252073

Web: sekolah alam depok

Recent Posts