//Menjadi Ika Karena Bhinneka

Menjadi Ika Karena Bhinneka

Hari ini, selasa 2 Juli 2019 adalah hari pertama masuk sekolah di Sekolah Alam Depok (SADe). Dimana sekolah lain baru akan masuk sekolah pada tanggal 15 Juli 2019.

Seperti biasa di SADe hari pertama masuk sekolah setelah libur naik kelas bukan hari senin, melainkan hari selasa. Ada yang berbeda di First Day tahun ajaran 2019-2020, First Day kali ini SADe mengangkat tema Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda namun tetap satu jua.

Terlihat dari penampilan guru-guru yang menyambut teman-teman kecilnya dengan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di nusantara. Ada yang berpakaian betawi, jawa, batak, hingga papua.

Dalam acara pembukaan First Day hari ini terdapat juga sambutan dari kepala sekolah baru yaitu Bapak Ganang Novriarche, selain itu juga terdapat penampilan dari guru-guru berupa budaya “palang pintu” yang berasal dari budaya betawi, dengan aksi berbalas pantun dan silat betawi, ada juga guru yang berperan sebagai ondel-ondel khas betawi menambah kemeriahan acara First Day di SADe.

Setelah acara seremoni selesai terdapat games yang menyenangkan berupa “treasure face” yaitu permainan untuk menemukan siapakah guru kelas mereka tahun ajaran ini.

Setiap level kelas diminta untuk mencari amplop yang telah di sebar di sekitar sekolah, amplop-amplop yang mereka cari terdapat potongan foto dari wajah guru kelas mereka, setelah terkumpul seluruh amplop mereka akan menyusun potongan-potongan foto tersebut hingga membentuk wajah seseorang yang akan menjadi guru kelas mereka.

Setelah mereka telah menemukan siapa yang menjadi guru kelas mereka, kemudian teman-teman kecil SADe bersama guru kelas mereka akan menuju kelasnya masing-masing.

Di dalam kelas teman-teman kecil SADe, mereka lanjut pada rutinitas berikutnya antata lain, sholat dhuha, snack bersama, mengatur posisi furnitur kelas, dan lain lain

Di hari pertama mereka masuk sekolah, teman-teman akan pulang sekolah selepas dzuhur sekitar pukul 13.00.

Demikian kisah First Day di Sekolah Alam Depok tahun ajaran 2019-2020. Semoga dapat menjadi menambah semangat belajar selama setahun kedepan dan menjadi kenangan yang menyenangkan untuk dapat diceritakan pada teman-teman lainnya. Menjadi Ika karena bhinneka menandakan kita menghargai keunikan setiap individu..

Pa Bambang Purwanto – Ketua Panitia First Day 2019

Photo : Ganang N dan Gedwina Nur Azizah

 

2019-07-02T07:15:05+00:00

New Courses

Contact Info

Jl Bungasan No.80 Sawangan Depok

Phone: 08111668781

Mobile: 081905252073

Web: sekolah alam depok

Recent Posts