//Presiden Siswa

Riuh kelas menyambut perjalanan kegiatan PRESWA.

Kegiatan yang hanya dilaksanakan selama satu tahun sekali oleh SD 5 ini, adalah hal yang ditunggu oleh siswa SD 4 yang kini mereka sudah di SD 5.

Minggu akhir Juli 2018, dimulainya awal informasi terkait Preswa. Kepanjangan Preswa, tanggungjawab dari Preswa, dan timeline terkait proses pemilihan Preswa. Beberapa siswa yang berniat untuk mencalonkan diri sudah menyiapkan mental dan strategi, mereka sudah mencari kira-kira siapa yang akan menjadi partnernya saat menjalani tanggungjawab dan amanah baru ini. Bagi mereka yang tidak ingin mengajukan diri menjadi capreswa dan cawapreswa, mereka sudah bersiap diri untuk memilih masuk dalam tim sukses paslon yang mana.

Datanglah hari dimana para capreswa dan cawapreswa masuk ke dalam proses pemilihan Preswa. Siswa melalui beberapa tahapan seperti, Wawancara-Pendaftaran-Pencarian Tim Sukses-Kampanye-Pemilihan Raya.

Wawancara dilakukan oleh Pak Sopian selaku bidang kesiswaan SADe. Para capreswa dan cawapreswa diberikan saran, masukan dan informasi terkait kesiapan serta tanggungjawab dan amanah yang akan mereka hadapi baik selama rangkaian hingga terpilihnya Preswa dan Wapreswa.

Pendaftaran selanjutnya oleh Guru Kelas, siswa diminta untuk menuliskan identitas dan membaca ketentuan yang ada saat pendaftaran. Dari 40 siswa SD 5, terdapat 12 siswa (6 pasangan calon) yang mengajukan diri untuk mendaftar menjadi pemimpin siswa selanjutnya selama 1 periode (1 tahun). Mereka adalah Arya-Radit, Kiki-Dhika, Kamila-Halwa, Aisha-Rara, Aquila-Fathimah, dan Raina-Aisyah.

Tibalah saat untuk pengocokan nomor urut dari Paslon. Pengocokan dihadiri oleh para paslon dan seluruh siswa SD 5, hingga didapatkan hasil sebagai berikut:

Pencarian tim sukses, siswa belajar untuk mencari dukungan dan merekrut siswa lain untuk menjadi tim suksesnya. Selama pencarian tim sukses berlangsung, terdapat pasang surut dari siswa SD 5. Tidak adanya tim sukses dari salah satu pasangan calon, membuat kelas riuh. Siswa SD 5 dikumpulkan dan diberikan beberapa saran, kemudian mereka berbagi tim sukses untuk pindah ke paslon tersebut. Proses disini sangat terlihat, bagaimana siswa SD 5 belajar untuk menerima suatu hal, bersabar, berbagi dan pengertian. Akhirnya mereka dapat menyelesaikannya dengan baik.

Para paslon dan timnya melakukan orasi atau kampanye ke setiap kelas mulai dari SD 1 hingga SD 6. Anime siswa SADe tinggi terhadap kampanye ini, banyak adik kelas dan kaka kelas yang bersemangat untuk bertanya kepada setiap paslon. Ada yang berbeda dari Preswa tahun ini, yaitu diadakannya Dialog Publik. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah keyakinan dan memunculkan jawaban-jawabam dari setiap pertanyaan yang diberikan oleh Panelis kepada para paslon. Dialog Publik ini dihadiri oleh seluruh siswa SADe. Jawaban dari setiap paslon sangat mengagumkan dan membuat takjub para panelis. Para panelis ini terdiri dari Guru SADe namun selain Guru Kelas, mereka adalah Bu Wini, Pak Budi dan Pak Iyan serta di moderatori oleh Bu Tanti.

Datanglah hari dimana siswa melakukan pencoblosan atau pemilihan raya. Pemilihan dilakukan oleh seluruh siswa SD 1 hingga SD 6. Setiap level menentukan pilihannya secara LUBERJUDIL, Langsung Umum Bebas Rahasia Jujur Adil. Pencoblosan berlangsung dengan tertib. Setiap siswa mengikuti alur dari sign system yang telah terpasang.

Siswa SADe telah mempercayakan Preswa kepada paslon nomor urut 5 Kiki dan Dhika sebagai Presiden Siswa dan Calon Presiden Siswa periode 2018/2019. SELAMAT BERKHIDMAT untuk Sekolah Alam Depok

Kontributor : Ibu Zahra (fasil SD5)

2018-09-06T03:33:58+00:00

New Courses

Contact Info

Jl Bungasan No.80 Sawangan Depok

Phone: 08111668781

Mobile: 081905252073

Web: sekolah alam depok

Recent Posts