//Kenapa Papua?

Kenapa Papua?

Indonesia adalah negara yang kaya. Keberagaman suku bangsa, bahasa, dan kekayaan alamnya sangat luar biasa. Negara ini di anugerahi berbagai keindahan oleh yang Maha Kuasa. Sebagai bagian dari masyarakat yang terdapat didalamnya, kita berkewajiban untuk menjaga melestarikan semua yang ada di Indonesia.

Sekolah Alam Depok sebagai instansi yang bergerak pada bidang pendidikan sangat Concern terhadap hal ini. Setiap tahunnya kami mengadakan kegiatan yang mengangkat tentang keberagaman kebudayaan Indonesia. Kegiatan kami ini diberi nama Tradisional Festival. Kegiatan Tradisional Festival di Sekolah Alam Depok sudah berlangsung sejak tahun 2009 sampai saat ini.

Pada kegiatan Tradisional Festival tahun ini, kami mengangkat tema tentang “Papua.”

Kenapa Papua? Setelah beberapa tahun sebelumnya kami sudah mengangkat tema dari beberapa wilayah yang terdapat di Pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera, dan Kalimantan, tahun ini kami ingin melihat keindahan Indonesia yang terletak di wilayah Papua.

Papua dengan segala keindahan alam, adat istiadat, suku bangsa, bentang alam, tata bahasa, dan cara bersosialisasinya membuat kami memutuskan untuk tahun ini mengangkat kebudayaan Papua sebagai wilayah yang akan kami kenalkan sebagai kegiatan Tradisional Festival 2019.

Kegiatan ini berlangsung selama 1 pekan. Dimulai pada tanggal 25 November dan berakhir pada tanggal 30 November 2019. Selama berlangsungnya kegiatan Tradisional Festival, tentunya banyak sekali rangkaian kegiatan yang berlansung seperti pada hari Senin diadakan kegiatan memasak bersama Nenek. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat kekompakan Nenek dengan cucunya dalam hal memasak dan pastinya seru sekali.

Apa saja yang dimasak? Pastinya masakan khas Papua seperti Papeda, Aunu Senebre, Ikan Kuah Kuning, dan lain sebagainya. Di hari Selasa ada kegiatan yang tidak kalah seru dibanding acara hari sebelumnya yaitu permainan tradisional Papua yang diantaranya meliputi Patah Kaleng, Tok Asya, Walinoniwei, dan lain sebagainya. Hari Rabu sampai Jumat kami isi dengan kegiatan gladi kotor dan gladi bersih untuk acara puncak dihari sabtu.

Di hari sabtu (puncak acara) ada banyak sekali penampilan yang ditampilkan oleh seluruh siswa Sekolah Alam Depok diantaranya Tarian Sajojo, Yospan, Diru Diru Nina O. Kemudian ada drama Asal Usul Danau Sentani, Asal Usul Burung Cendrawasih. Ada musik, yaitu Yamko Rambe Yamko. Ada juga pembacaan puisi, lalu ada siswa yang menjual kerajinan tangan khas Papua, waaah keren banget ya 😍. Masih ada penampilan lainnya yang pasti kereeeeeennnnnn banget dan sayang untuk dilewatkan..

Terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak terkait demi kelancaran, kesuksesan dan keseruan tradfest tahun 2019.

2019-12-10T04:20:51+00:00

New Courses

Contact Info

Jl Bungasan No.80 Sawangan Depok

Phone: 081906058412

Mobile: 081905252073

Web: sekolah alam depok

Recent Posts