/Akhlaq Islamika
Akhlaq Islamika2020-11-24T07:09:29+00:00

Internalisasi nilai adalah upaya menghayati dan mendalami nilai, agar nilai tersebut tertanam dalam diri setiap siswa.Tujuan internalisasi nilai di sini adalah agar para siswa menghayati dalam menerima dan menindaklanjuti nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran yang mereka terima di sekolah, sehingga pembelajaran tersebut tidak hanya merupakan ilmu pengetahuan yang bersifat kognisi saja, akan tetapi ke arah yang lebih efektif dan mewujudkan dalam perbuatan serta menjadi sebuah pedoman hidup.

Nilai-nilai utama yang seharusnya dimasukkan dalam pembelajaran adalah nilai-nilai akhlak karena akhlak menunjukkan kadar keimanan. Artinya memiliki akhlak mulia menjadi barometer ketakwaan. Imam Malik Rahimahullah menyatakan sebelum mempelajari sebuah ilmu maka sebaiknya mempelajari adab. Mempelajari adab dan akhlak sebelum mempelajari ilmu menjadi sebuah budaya keilmuan yang turunkan oleh para ulama terdahulu. Internalisasi nilai akhlak merupakan bagian dari upaya menanamkan nilai-nilai keberagamaan. Banyak metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai keberagamaan ini, diantaranya adalah melalui pengajaran, peneladanan, pembiasaan, pemberian motivasi, dan penegakan aturan.

TAHSIN dan TAHFIZH

Interaksi dengan petunjuk hidup Islami, Al Qur’an dan Hadits, dikondisikan untuk berada pada tingkat intensif. Program ini dilakukan mulai dari membaguskan (tahsin) bacaan, menghafalkannya (tahfizh) dan memeliharanya dengan pengulangan (murajah), serta mengaplikasikannya sesuai dengan perkembangan kepribadiannya.

New Courses

Contact Info

Jl Bungasan No.80 Sawangan Depok

Phone: 081906058412

Mobile: 081905252073

Web: sekolah alam depok

Recent Posts