//Ekskul

Ekstrakurikuler di Sekolah Alam Depok merupakan kegiatan di luar jam pelajaran yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan juga menyalurkan bakat dan minat siswa. Sehubungan dengan hal tersebut, Sekolah Alam Depok membagi duabelas (12) kegiatan ekstrakurikuler ke dalam 3 level.

Level pertama yaitu ekskul yang diperuntukkan bagi siswa-siswi kelas 1 dan kelas 2. Ekskul pada level ini lebih ditujukan kepada olah motorik kasar siswa. Ekskul pada level ini meliputi:

1.     Seni Tari

Pada ekskul ini, siswa dijarakan mengenal dan berlatih macam-macam tarian baik kreasi maupun tradisional. Ekskul tari sendiri selalu menjadi salah satu pengisi acara dalam kegiatan sekolah seperti Traditional Festival dan Earthday. Ekskul seni tari diampu oleh Ibu Anggie dan Ibu Ullum.

2.     Thifan

Agak berbeda dengan olahraga beladiri lain yang telah berkembang di tanah air. Thifan kelompok latihan laki-laki dan perempuan umumnya dilakukan secara terpisah. Gerakan-gerakan dan jurus antar dua kelompok ini juga berbeda agar masing-masing mempunyai postur tubuh sesuai dengan kodratnya; gerakan dan jurus untuk kalangan perempuan lebih halus. Hal ini untuk memenuhi syarat mutlak sebuah bela diri yang Islami. Ekskul thifan diampu oleh Bapak Anggi dan Bapak Ade.

3.     Futsal Cluster Bawah

Kebanyakan anak usia 7 tahun sangat aktif secara fisik dan menikmati berbagai tantangan yang menguji kekuatan serta ketangkasannya. Peningkatan kekuatan fisik serta koordinasi tangan mata membuat anak anak semakin terampil. Hal ini merupakan tujuan dari kegiatan futsal bagi siswa kelas 1 dan 2 di Sekolah Alam Depok. Ekskul futsal diampu oleh Bapak Bani dan Bapak Mirzon.

4.     Perkusi

Musik perkusi adalah sebutan bagi musik yang teknik permainannya dipukul, baik menggunakan tangan atau stik. Dalam lingkup Sekolah Alam Depok, media yang biasanya digunakan antara lain drum dan botol kaca bekas. Siswa yang mengikuti ekskul perkusi diajarkan beberapa jenis ketukan seperti Bosas, Afro, dan RNB. Ekskul perkusi diampu oleh Ibu Widyastanti dan Bapak Ario.

 

Level kedua yaitu ekskul yang diperuntukkan bagi siswa-siswi kelas 3 dan kelas 4. Dalam level ini aspek-aspek yang dituju adalah motorik halus dan kognitif. Empat macam ekskul pada level ini yaitu::

1.     Teater (Drama)

Biasa dikenal dengan nama Bhumika Teater. Ekskul ini mempelajari tentang seni drama/teater, olah vocal, olah tubuh, olah rasa, dan latihan imajinasi siswa. Bhumika teater pernah menampilkan beberapa pertunjukan kecil seperti: Senandung Do’a dan Puisi “Duh Gusti Kula Nyuwun Ngapuro” dan Bumiku Sayang, Bumiku Malang” pada kegiatan Earthday. Ekskul teater diampu oleh Bapak Budi dan Bapak Samsu Sholeh

2.     Penulis Cilik (Pencil)

PenCil didirikan oleh bapak Anto dan Bapak Wisnu yang berdedikasi pada dunia pendidikan. Dua orang ini menyadari perlunya ada wadah kreatifitas tentang menulis dan mempunyai harapan dan impian menciptakan generasi penulis cilik yang hebat. Pencil telah melahirkan beberapa generasi penulis yang luar biasa. Salah satu diantara adalah Safina Az Zahra. Safina merupakan alumni Sekolah Alam Depok yan gkerap menjadi pembicara di berbagai tempat dan menerbitkan beberapa karyanya diantaranya,: “Sepeda dan sabahat” serta “Sekolah alam seru”. Kedua buku tersebut diterbitkan oleh KKPK(Kecil-Kecil Punya Karya). Saat ini pencil diampu oleh Bapak Anto Ibu Anis.

3.     Handicraft

Membuat kerajinan tangan termasuk salah satu aktifitas yang menyenangkan bagi anak. Ini juga merupakan salah satu cara membangun dan mengembangkan kreatifitas.  Selain itu hal ini mampu melatih motorik halus dan memaksimalkan perkembangannya. Dalam ekskul Handicraft, siswa diajak untuk membuat beberapa kerajinan sederhana dari barang barang yang mudah di dapat. Ekskul handicraft diampu oleh Ibu Devi dan Ibu Dillah.

4.     Science Club

Ekskul bagi siswa-siswai yang tertarik dengan hal-hal ilmiah. Di sini siswa diajak untuk melakukan percoban-percobaan sederhana. Dengan ini diharapkan siswa memiliki rasa keingitahuan yang semakin besar guna menunjang kegiatan-kegiatan belajarnya. Ekskul Sacience Club diampu oleh Ibu Nisa dan Ibu Luluk

 

Level ketiga yaitu ekskul yang diperuntukkan bagi siswa-siswi kelas 5 dan kelas 6. Ekskul pada level ini lebih berfokus pada keterampilan dan minat siswa. Ekskul-ekskul tersebut adalah:

1.     Fotografi

Fotografi adalah merupakan salah ekskul favorit di Sekolah Alam Depok. Tujuan ekstrakurikuler ini dibentuk adalah untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat minat siswa dalam bidang fotografi. Dengan mengikuti ekstrakulikuler fotografi, siswa dapat memiliki keterampilan dasar-dasar fotografi. Siswa-siswi ekskul Fotografi juga kerap menjadi penanggungjawab dokumentasi kegiatan-kegiatan sekolah seperti upacara bendera, class meeting, maupun kegiatan lainnya. Ekskul Fotografi diampu oleh Bapak Wifki dan Bapak Yudi

2.     Panahan

Memanah adalah salah satu dari tiga olahraga yang direkomendasikan oleh Rasulullah SAW. Dalam kegiatan panahan mengandung beberapa point penting yang berhunungan dengan pembentukan karakter antara: ketika memanah, seorang pemanah harus benar-benar dapat menguasai atau mengendalikan emosinya karena stabilitas emosi sangat berpengaruh terhadap pencapaian skor. Cuaca, kelembaban udara, terpaan angin merupakan tantangan yang harus ditaklukan pada saat memanah. Pemanah harus mengambil keputusan yang tepat sesaat sebelum melepaskan panahnya ke sasaran ketika terjadi angin. Ekskul panahan diampu oleh Bapak Baka dan Bapak Syolahudin.

3.     Cooking

Ekskul cooking adalah salah satu ekskul yang mewadahi anak – anak yang memiliki ketertarikan pada dunia memasak. Dalam kegiatan memasak, anak tak hanya mengenal bumbu dan rasa saja, namun banyak sekali manfaat yang didapatkan dari mengikuti ekskul cooking. Dengan memasak, anak dapat berlatih menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Tanpa anak-anak sadari, menyiapkan hingga merapikan alat-alat memasak adalah salah satu bentuk tanggung jawab. selain itu dengan memasak anak bisa berkreasi bebas dengan bahan masakan yang ada. ketika memasak, anak-anak menggunakan banyak alat masak yang tentunya juga dapat melatih motoriknya. Ekskul cooking diampu oleh Ibu Wina dan Ibu Leily.

4.     Futsal

Adanya ekstrakurikuler futsal ini dimaksudkan untuk menfasilitasi kebutuhan dari siswa untuk melakukan kegiatan futsal yang terarah dengan didampingi oleh pelatih yang kompeten dibidangnya. Para siswa diharapkan bisa bekerja sama dalam sebuah tim tanpa membedakan tingkatan kelas. Siswa juga diharapkan mampu untuk menikmati dan melakukan pertandingan dengan seluruh kemampuan terbaiknya. Ekskul Futsal diampu oleh Bapak Iyan dan Bapak Samsir

 

Kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Alam Depok dilaksanakan setiap hari Jumat dimulai pukul 13.00 hingga 14.30.

2018-08-08T03:42:20+00:00

New Courses

Contact Info

Jl Bungasan No.80 Sawangan Depok

Phone: 08111668781

Mobile: 081905252073

Web: sekolah alam depok

Recent Posts