Konsep sekolah alam yang digagas oleh Lendo Novo mengusung konsep pendidikan berbasis alam yang meyakini bahwa kualitas pendidikan sesungguhnya ditentukan oleh kualitas guru, metode terapannya, serta kurikulum yang melihat jauh ke depan (visioner).
Sekolah alam percaya bahwa kontribusi infrastruktur yang ada di sekolah terhadap kualitas pendidikan tidak lebih dari sepuluh persen. Sementara itu, kontribusi terbesarnya ditentukan oleh kualitas guru, metode belajar yang tepat, dan buku sebagai gerbang ilmu pengetahuan. Buku sebagai penunjang belajar saat ini mudah didapat. Metode belajar pun demikian. Keduanya akan menghasilkan sinergi yang baik bila guru yang mengajar memiliki idealisme yan tinggi terhadap pendidikan. Guru yang baik adalah guru yang mau terus belajar karena dunia akan selalu berubah.
Profil Guru
Guru-guru di sekolah alam adalah pribadi yang gemar belajar. Sekolah alam mendukung hal tersebut melalui jam mengajar, jam belajar, dan jam sosial.
Jam Mengajar
Waktu ketika guru melakukan kegiatan belajar mengajar bersama siswa.
Jam Belajar
- Pelatihan guru, kegiatan berupa seminar yang membahas cara mengajar, memahami siswa, mengelola kelas, dan lain-lain yang dapat menunjang pembelajaran.
- Teacher camp, kegiatan berkemah di alam terbuka membangun fisik dan mental yang tangguh dan menguatkan rasa solidaritas antarguru.
- Pengajian rutin.
Jam Sosial
- Berkebun
- Membangun komunitas