//Sister School Program St. Monica-Sekolahalam Depok

Sekolahalam Depok alhamdulillah banyak dikunjungi sekolah dengan berbagai konsep dan beragam value. Dengan sesama sekolah alam, SADe berjejaring dalam Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN).  Kita tidak bisa menyebutkan satu persatu sekolah alam yg terhubung dengan SADe dan pernah berkunjung ke SADe.

Namun kali ini yang datang berkunjung bukan dari sesama sekolah alam, bahkan bukan dari negara kita tercintah Indonesia tetapi dari negara tetangga kita, Australia. Dia adalah Sekolah St.Monica yang merupakan sister school dari sekolah alam depok.

St Monica adalah Sekolah Dasar Paroki Katolik dengan siswa/i dengan berbagai agama/ kepercayaan, termasuk budha, sikh, islam, anglikan, orthodox, lutherism, hindu, dan kepercayaan baha’i. Lokasinya berada di Kangaro Flat, Bendigo City, Australia. Komunitas sekolah mereka mencakup lebih dari 200 keluarga, staf, siswa, dan komunitas yang lebih luas. Memiliki 345 siswa, 14 kelas, 30 orang guru dan staff, mereka mempelajari matematika, membaca, menulis, agama, olahraga, kesehatan, musik, kesenian, drama, bahasa Indonesia, sains, geografi, sejarah, dan pendidikan kewarganegaraan.

Adalah suatu kehormatan ketika konsep sekolah alam diapresiasi oleh sekolah dg konsep berbeda dan value berbeda dan modelnya dipelajari untuk diterapkan jg di banyak sekolah. Dengan sekolah St. Monica, SADe  telah menjalin kerjasama dlm program sister school sejak setahun yg lalu. SADe dan St. Monica telah melakukan program yg saling menguntungkan dlm subjek bahasa. Alhamdulillah tahun ini mereka secara khusus datang dengan inisiatif sendiri dan penuh antusias hanya untuk mempelajari konsep pembelajaran Sekolah Alam dengan maksud menerapkan di sekolahnya. SADe pun belajar ttg manajemen ekosistem sekolah dari St. Monica. Bagaimana mereka mengelola sumber daya manusianya, serta bagaimana membangun hubungan dengan orang tua, sekolah dan siswa.

Kami berterimakasih kepada founder konsep SA, Lendo Novo, yg telah mencetuskan konsep ini. Pada saat ini kita mulai melihat buah dr kesabaran dan perjuangan mengembangkan konsep SA, yaitu ketika konsep SA telah diterima dan diakui keunggulannya dan manfaatnya telah juga dirasakan oleh saudara2 kita yg lain, dengan latar belakang yg berbeda, budaya, keyakinan, dan negara yg berbeda. Konsep SA memang lahir tidak untuk sekelompok komunitas, tapi dipersembahkan bagi dunia. Konsep ini merupakan aset yg berharga bagi bangsa Indonesia karena dinilai sejajar dengan konsep skala dunia yg lain. Kini konsep SA perlahan tiba di puncak visinya, menjadi *RAHMATAN LIL ALAMIN*.

2018-10-08T03:07:31+00:00

New Courses

Contact Info

Jl Bungasan No.80 Sawangan Depok

Phone: 08111668781

Mobile: 081905252073

Web: sekolah alam depok

Recent Posts